Munculnya sastra mandar bersamaan dengan berkembangnya kebudayaan dan
peradaban dikalangan suku mandar.Sejak dahulu suku mandar telah menggunakan
sastra-sastranya sebagai salah satu pelengkap adat mereka.Baik dari segi
pendidikan,perkawinan,agama,maupun hiburan.Namun awalnya mereka tidak sadar
akan hal tersebut,seiring mengalirnya dan terus berkembangnya sastra-sastra
mandar tersebut,kemudian dilakukan semacam penelitian sastra dikalangan
masyarakat mandar,barulah mereka mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan dan
apa yang mereka sebut-sebut sebagai bagian dari adat-istiadat suku
mandar,ternyata adalah sebuah lantunan karya sastra.
Kalindaqdaq dari suku mandar ini merupakan salah satu jenis karya sastra
mandar,yang merupakan lantunankata-kata yang indah.Kalindaqdaq juga sering
digunakan oleh gadis-gadis dan diiringi dengan irama tabuhan rebana sambil
berkeliling kampung,bersamaan dengan itu mereka juga saling berbalas-balas
pantun.
Selain Kalindaqdaq dan pantun,music dan lagu (nyanyian)mandar pun termasuk
salah satu jenis karya sastra.Musik dan lagu (nyanyian) digolongkan kedalam
sastra mandar karena lantunan kata-kata yang dirangkai menjadi sebuah lirik
lagu yang tingkat kesusastraannya lebih tinggi karena telah mewakili semua
aspek.
JENIS-JENIS
SASTRA MANDAR
A.KALINDAQDAQ
1.Pengertian Kalindaqdaq
Istilah kalindaqdaq berasal dari bahasa melayu yang terdiri dari atas
tiga patah kata,yaitu kalimat indah-indah disingkat menjadi Kalindaqdaq
(kal=kalimat,ndaq=indah,daq=indah).Jadi,yang dimaksud Kalindaqdaq adalah
pernyataan pikiran dan perasaan dalam untaian kata yang indah.Dengan kata
lain,Kalindaqdaq merupakan tuturan kata yang indah dan berirama yang dapat
mempesona pendengar atau pembacanya.
Ciri Kalindaqdaq seperti umumnya puisi,adalah keterbatasan atau
keterikatan bentuknya.Kalindaqdaq diikat oleh syarat-syarat tertentu yang harus
dipenuhi, yaitu jumlah larik dalam setiap larik, dan irama yang tetap.Bentuk
sastra ini bersampiran dan berisi.Kalindaqdaq juga terdiri atas 8-8-4-8 suku
kata dalam selarik didalam sebait yang terdiri atas larik.Selain keindahan
struktur,makna yang disampaikan juga bermacam,ada yang religious,social
kemasyarakatan,cinta,adat istiadat terutama dalam ritual perkawinan.
Menurut
Yasil,Kalindaqdaq mempunyai cirri-ciri,yaitu :
a. Tiap
bait terdiri atas empat larik
b. Larik
pertama terdiri atas delapan suku kata
c. Larik
kedua terdiri atas tujuh suku kata
d. Larik
ketiga terdiri atas lima suku kata
e. Larik
keempat terdiri atas tujuh suku kata
f.
Merupakan puisi suku kata
g. Persajakan
kalindaqdaq umumnya bebas meski ada juga yang bersajak akhir a-a-a-a, a-b-b-a, atau a-a-b-b.
2.Jenis-jenis kalindaqdaq
A.Kalindaqdaq Tomabubeng (puisi orang
tua)
Kalindaqdaq Tomabubeng adalah kalindaqdaq yang digunakan di lingkungan
orang tua.Isi kalindaqdaq tomabubeng berupa nasehat atau pendidikan.Biasanya
juga digunakan para orang tua pada waktu meminang atau menerima pinangan.
Contoh
kalindaqdaq tomabubeng ;
Aroangi
paqmaiq
Kiranya anda kasihan
Anaq to kasia asi Kepada
anak-anak miskin
Andiang
tuqu Hanya
kepada andalah harapan mereka
Muaq
tama iqo Kepada
yang lain tiada
B.Kalindaqdaq Tomanetuo (puisi
kaum muda)
Kalindaqdaq tomanetuo adalah kalindaqdaq yang digunakan dalam lingkungan
anak muda atau kaum remaja.Kalindaqdaq tomanetuo itu melukiskan keinginan hati
seorang pemuda yang ingin berkenalan dengan seorang gadis yang ia
senangi.Perasaan rindu terhadap sang kekasih dan kekecewaan yang timbul karena
cintanya tak terbalaskan.
Contoh
kalindaqdaq tomanetuo,yakni :
Surau diburaq lembong Hasrat cintaku
pada bing gelombang
Tasimbaq
dikuppungmu Terhempas
ke kampung adik
Iqdaq
tuali Pantang
aku kembali
Muaq
iqdaq dottong Sebelum
hasrat cintaku tercapai
C.Kalindaqdaq Naebaine (puisi anak
gadis)
Kalindaqdaq ini biasanya diperuntukkan kepada kaum gadis.Biasanya
diucapkan pada waktu ia mengenang nasib yang menimpa dirinya.Hatinya sedih dan
pilu karena cita-citanya tidak tercapai.Perasaan rindu pada kekasih dan
lain-lainnya.
Contoh
kalindaqdaq naebaine,yaitu :
Muaq
diangmating bau Bila ada ikan datang
Direqde na lopimmu Pada sisi perahu anda
Damoq
puttuleqi Tak sudah anda bertanya
Saliliq
umo tuqu Itulah tanda kerinduanku
D.Kalindaqdaq Nanaqke (puisi
anak-anak)
Yang dimaksud kalindaqdaq nanaqke adalah kalindaqdaq yang didendangkan
dalam lingkungan anak-anak.Kalindaqdaq ini ada yang menggambarkan kemurungan
dan kesedihan hati seorang anak.Ada pula yang menggambarkan perasaan gembira
seorang anak serta ada pula yang dinyatakan dengan cara sindiran.
Contoh
kalindaqdaq anak-anak :
Mi lembang-lembang tama Berjalan-jalan
ia melalui telaga
I
mangaji sappolong Si
pengaji cuma separuh
Siruppaq
dami Bertemulah
ia dengan
Beke
mate titers Kambing
yang mati terberak-berak
3.Fungsi Kalindaqdaq
Kalindaqdaq berfungsi sebagai :
a. Hiburan
b. Nasehat
c. Ajang
untuk mendidik
d. Penyambutan
Pinangan (adat perkawinan)
B.MUSIK DAN LAGU (Nyanyian)
Irama musik dalam lagu-lagu mandar secara spesifik mencerminkan setting
laut.Deburan ombak,riak gelombang yang dinamis,hempasan ombak dipantai,dan
geliat ombak gelombang yang dihembus lembut oleh angina tau badai bias
dirasakan pada melodi laut didalam lagu-lagu mandar yang cenderung
eksotik,romantic,dan sentimental.Lagu-lagu mandar juga sering dan selincah
lagu-lagu Maluku, namun sekaligus selembut irama agraris lagu-lagu bugis meski
tak sedinamis lagu-lagu Makassar yang terkesan agak cepat dan kekurangan kelembutan.
Fungsi musik dan lagu (nyanyian) :
a - Hiburan
b - Media
untuk mengungkapkan perasaan
c - Media
untuk menggambarkan suasana alam
C.PANTUN
Pantun dalam sastra mandar tidak ada bedanya dengan pantun-pantun pada
umumnya..Bersajak a-a-a-a, a-b-b-a, a-a-b-b, dan a-b-a-b.Jumlah barisnya
terdiri atas eemppat baris dan dua baris.Pantun mandar ini beda-beda tipis
dengan kalindaqdaq mandar.Salah satu bedanya,tidak semua kalindaqdaq memiliki
aturan persajakan,dan kalindaqdaq pun dapat berupa nyanyian karena ia tidak
mutlak sebagai sebuah nyanyian,puisi,ataupun pantun.
Contoh
pantun mandar :
Timanaq
pakurru-kurruq
Padiriwammu
daiq
To
pura sola
Dipannanawa-nawanna
Artinya
:
Timanglah
daku penuh kasih
Letakkan
pada pangkuan
Orang
yang telah bersalah
Hati
dan pikirannya
0 komentar:
Posting Komentar